Minggu, 17 Oktober 2010

Like and Dislike abaout Food.....


Bicara masalah makanan tentu tidak akan ada habisnya, kata orang makanan di dunia ini hanya ada dua macamnya yaitu enak dan enak banget. Tidak ada yang tidak enak. Tapi bagiku, walaupun badanku segede gajah anakan, yang tandanya aku doyan makan, ternyata banyak sekali makanan-makanan yang kupantang. Bukan berarti alergi atau karena faktor kesehatan, tapi karena faktor tidak doyan saja karena biasanya aku agak-agak jijik. Inilah makanan-makanan yang aku pantang dalam 10 besar makanan yang tidak aku suka dengan berbagai pertimbangannya…

1.Lele, sampai SD hingga Kerja sekarang aku sangat berpantang dengan ikan ini. Aku sudah lupa bagaimana rasa ikan ini. Selain jijik karena hewannya agresif, aku jadi tidak tega kalau melihat cara membunuhnya yang penuh dengan kekerasan. Dulu simbahku kalau membunuhnya dengan dipukul pakai uleg-eleg hingga menggelepar-menggelepar dan akhirnya si ikan wafat. Dan kadang ketika dimasukkan ke wajan untuk digorengpun masih hidup dan terlempar keluar. Hii…ikannya nyawanya dobel, padahal sudah dibumbuin lho ikannya. Banyak pemilik kolam yang menjadikan septiktank dengan kolam lele jadi satu. Dari WC langsung masuk ke kolam lele. So, makanan pokok tuh ikan adalah TA 1, sungguh eksotik. Back to nature banget! Ada cerita yang mengatakan bahwa pernah beberapa ekor lele yang terceber ke WC yang model WCnya plengsengan sehingga ikan bisa masuk ke dalam septiktank. Usut punya usut setelah beberapa tahun WC jadi mampet dan ketika di buka, satu septiktank isinya ikan lele banyak banget hingga menyumbat saluran WC. Phewwww, ternyata kehendak Tuhan, ikan yang masuk ke septiktank adalah lele jantang dan betina hingga beranak pinak tujuh turunan di septiktank dan lagi-lagi bisa bertahan hidup karena makanan pokoknya adalah TA 1, amit-amit. Sama pemiliknya semua ikan lele dijual dan tidak dikonsumsi sendiri. Kebayang nggak, kalau kita yang beli tuh ikan dan kita makan di meja makan, yang sebenarnya ikan itu lahir dan berkembang di septiktank….hii…..hii….
2. Belut, bentukmya yang seperti ular makanya aku takut dan geli melihat cara membunuhnya yang disayat pakai silet. Jadi terbelah dua……
3. Kelinci, Aku menganggap binatang ini lucu dan imut-imut dan aku tidak tega untuk memakannya…
4. Kambing, Baunya yang prengus dan alot ketika dibikin sate, jadi males mengkonsumsinya. Bapak saya dulu selalu berkurban tiap tahunnya. 2-3 bulan sebelum kurban selalu membeli kambing terlebih dahulu dengan pertimbangan harga kambing masih murah. Aku kebagian yang mengajak jalan-jalan tuh kambing. Karena aku nggak bisa mencari rumput makanya aku yang sering mengajak kambing jalan-jalan ke kebon belakang rumah. Ketika dipotong, keluarga kami juga mendapat jatah. Sejak saat itulah aku nggak doyan lagi makan kambing, kasihan sudah kayak temen sendiri.
5. Mentok, lihat mukanya yang merah berbintik-bintik aja sudah serem apalagi memakannya. No way lah…
6. Jengkol alias Jengki. Seumur hidup baru makan sekali dan habis itu nggak lagi ah, aromanya nyebar seantero jagat…
7. Telor Mentok. Amis banget, makan sekali terus kapok deh…
8. Belalang, Lihat bentuknya saja jadi kebayang sama satria baja hitam RX. Pas KKN Dulu pernah diserve sama Bu Lurah, sepiring belalang goreng , bukan nafsu malah jadi pingin muntah hoeekkkkk….
9. Kodok dan Bekicot, Kodok dimakan? kayak nggak ada makanan lain aja ya. Katanya Swike asli purwodadi enak but allhamdullilah aku nggak kepingin babar blaz! Jijai bajai and gilatun. Bekicot sudah pernah makan pas aku TK dulu, kalau sekarang disuruh makan no way lah. Berlendir…
10.Makanan-Makanan yang di haramkan oleh agama seperti B1, B2, Ular, bulus, bertaring, ganas, menjijikkan, bangkai, minuman keras, dll……….

Tidak ada komentar: