Selasa, 12 Januari 2010

Pasar Swalayan


Sebuah Episode Pasar Swalayan……
Sebuah episode yang aku anggap sebagai sebuah episode kepepet. Aku sekarang bisa merasakan the power of kepepet itu bisa menyingkirkan rasa gengsi dan malu.. Ada kekuatan yang besar ketika kita kepepet, apapun akan kita lakukan asalkan halal dan tidak merugikan diri dan orang lain. Kepepet adalah salah satu alasan mengapa aku mau menjadi seorang pramuniaga di swalayan di kota semarang kala itu. Selain menikmati ketidakpastian (yang sering aku lakukan) aku juga iseng-isenglah mencoba pengalaman baru selain di rumah sakit. Sebulan memang tidak lama, tetapi ada hal-hal baru yang membuat aku sedikit banyak bersyukur bisa memalui episode ini. Sebuah episode yang sangat melelahkan karena bertepatan dengan bulan puasa. Capek, haus, panas bercampur jadi satu.
Proses rekeruitmen yang aku lakukan sungguh mudah, Cuma antrenya yang panjang, kayak ular antre beras. Kok banyak banget ya pengangguran kala itu (termasuk aku), yang diterima paling Cuma ¼ nya. So yang ¾ akan terus nganggur. Jadi pegawai di swalayan sungguh tidak membutuhkan skill sama sekali. Identik sekali dengan pekerja kasar yang berseragam putih hitam. Yah, Itung-itung ngisi waktu dan biar tidak kelihatan nganggur. Kalau nganggur waktu terasa lama dan nggak ada income sama sekali.
Episode swalayan, Sebuah episode dimana aku melihat bahwa penghargaan terhadap pegawai swalayan lebih cenderung menggunakan pendekatan militer , otoriter yang sedikit banyak menggunakan ancaman dan managemen tangan besi dalam memberikan perintah. Begitu ironis sekali dengan prinsip yang telah aku yakini selama ini. Karena aku masuk terlanjur masuk dalam sebuah system, maka aku harus bersahabat dengan kenyataan kala itu. Tak apalah, itung-itung melatih kesabaran dan bisa lebih berempati pada pegawai swalayan. So, kalau pilih sepatu atau baju jangan merepotkan ya, he..he..he..
Buat Mbak Mekar kepala counter sepatu apa kabarmu hari ini. Aku dengar kamu sudah resign dari swalayan sekarang . Semoga hidupmu lebih baik dan apa yang kamu impikan bisa terwujud as soon as possible. Buat rekan-rekan yang lain yang masih bertahan di swalayan, semoga karirnya bagus and Good Luck yo.

Tidak ada komentar: